Senin, 19 November 2012

Jejaring Sosial (Facebook, Twitter)

Pengenalan Jejaring Sosial

Apa itu Jejaring Sosial ?

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul, dalam bentuk paling sederhana suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram sosial berikut :





Situs Jejaring Sosial (Facebook & Twitter)



Facebook adalah website jejaring sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Sejarah Facebook


Ketika meluncurkan situs jejaring sosial FACEBOOK pertama kali pada 4 Februari 2004, Mark Zuckerberg mungkin tidak mengira karyanya akan begitu digandrungi pemakainya. FACEBOOK layaknya virus yang menyebar cepat keseluruh dunia!. FACEBOOK menimbulkan efek candu sehingga pengguna betah berlama-lama di depan komputer untuk mengakases situs ini. Sebuah riset yang dilakukan oleg GSM Association mengumumkan, rata-rata pengguna FACEBOOK menghabiskan sekitar 30 menit dalam satu hari hanya untuk melihat status teman jejaring mereka. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa FACEBOOK merupakan situs denga jangka waktu kunjung yang cukup lama. Para pengguna menghabiskan waktu menjelajahi FACEBOOK setidaknya selama 24 menit dalam satu hari melalui ponsel dan selama 27,5 menit dalam satu hari saat menggunakan komputer. Bahkan, studi tersrbut juga mengungkap rata-rata pengguna yang menggunakan ponsel mengkases situs jejaring sosial tersbut sebanyak 3,3 kali dalam sehari dan sebanyak 2,3 kali dalam sehari jika menggunakan komputer.

Fenomena tersebut membuktikan bahwa FACEBOOK telah menimbulkan efek luar biasa bagi penggunanya. Bayangkan, dalam lima tahun sejak diluncurkan, FACEBOOK meraih lebih dari 200 juta anggota. Jumlah ini menjungkalkan situs jejaring sejenis yang lebih dahulu populer seperti Firendster, MySpace, Hi5, dan sebagainya. Hebatnya, 70 % anggota FACEBOOK berdomisili di luar Amerika Serikat dimana tempat situs ini berasal. Jumlah pengguna yang bejibun membuat FACEBOOK menjadi situs paling sibuk nomer satu di dunia. Tak kurang dari 15 juta orang memperbarui status mereka sedikitnya sekali dalam sehari. Setiap bulannya, lebih dari 850 juta foto diunggah, 24 juta berkas dalam bentuk tautan web, berita, halaman blog catatan, foto, dan sebagainya dibagi. Dan, setiap anggota rata-rata mempunyai 120 teman dalam jaringannya.

Dampak Positif dan Negatif
Dampak Positif :

1. Mempererat silaturahmi.
Kita dapat selalu berkomunikasi dengan teman/kerabat dekat/saudara kita yang mungkin sudah sulit kita temui secara tatap muka dah rumahnya jauh dari rumah kita.

2. Mengetahui potensi diri.
Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa diri kita sebenarnya. Namun, kuis tersebut lebih menjuru ke ramalan dan kita ketahui bahwa kita tidak boleh 100% percaya dengan ramalan-ramalan tersebut karena anda pasti sudah paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

3. Media promosi.
Facebook bisa digunakan sebagai media promosi, baik promosi dalam bentuk produk, jasa, instansi, atau hal lain.

4. Sarana diskusi.
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

5. Tempat curhat.
Ini dia manfaat dari facebook yang sangat familiar karena kita bisa curhat sepuas-puasnya melalui update status terbaru kita baik kita lagi galau ataupun lagi bahagia.


Dampak Negatif :
1. Buang-buang waktu.
Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia hanya untuk hal yang kurang bermanfaat
Apa lagi kalau sudah kecanduan sulit untuk menghentikannya.

2. Pemborosan uang.
Ini terasa sekali jika online lewat handphone, membuat tidak kita tidak menyadari dan tiba-tiba pulsa kita tiris/sekarat saat kita lagi asyik facebookan.

3. Malas belajar.
Mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan jadi terbengkalai karena facebookan terus, akibatnya secara tidak langsung telah berjam-jam tugas itu belum selesai juga.

4. Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
Di dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.





Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial yang dimiliki oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan(tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namin pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal denga sebutan pengikut (follower). Menggunakan layanan twitter pun tampaknya jauh lebih mudah daripada layanan jejaring pertemanan lainnya. Anda bisa mengirimkan pesan singkat anda melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter secara langsung, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Mozilla Firefox.

Twitter bisa digunakan sebagai sarana yang hebat untuk terus berhubungan dengan teman-teman anda. Anda bisa memberikan informasi dengan cepat tentang keberadaan anda ataupun apa yang akan anda lakukan. Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan berkolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok. Hebatnya lagi, apabila kita ingin membangun bisnis dengan Twitter bisa dilakukan secara gratis. Misalnya kadangkala budget perusahaan sedang terbatas menghadiri acara-acara guna memperluas jaringan bisnin, anda bisa mengandalkan Twitter.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip denga Twitter. Pertumbuhan Twitter sangat mengagumkan, jumlah pegunjungya bertambah tiga kali lipat tiap bulannya. Baru-baru ini Twitter berhasil mendapatkan dana sebesar $15 juta serta terus berkembang menjadi situs jejaring sosial besar setiap tahunnya.


Dampak Positif dan Negatif
Dampak Positif :

1.Menambah teman kita

2. Mendapatkan informasi yang terbaru dan terkini, maksudnya kita akan mendapatkan sebuah informasi yang terbaru dan terkini dari twitter, jadinya kita tidak ketinggalan berita. contoh yang pernah dialami oleh saya. ketika presiden AS Barack Obama ke UI, 5 jam sebelum kedatangan presiden as itu jalan margonda di sterilkan dari kendaraan, nah berita disterilkan ini saya dapatkan dari twitter, sehingga saya bisa memutar jalan menuju kampus supaya tidak melewati jalan margonda ini.

3. Bisa Memata-matai aktivitas teman,idola kita. maksudnya kita dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh teman /idola kita dengan melihat status mereka. nah loh, ketahuan ya pada memata-matai temannya.hehe

4. Twitter bisa sebagai tempat bisnis dan promosi. bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.

5. Meraih ketenaran dan populer. maksudnya disini kita akan menjadi tenar ditwitter dan diketahui diseluruh dunia. contohnya shinta dan jojo yang terkenal akibat video keong racun.

6. menjaga hubungan teman dengan teman lama sehingga tidak putus kontak.


Dampak Negatif :

1. Membuat Kecanduan. ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan waktunya buat ngetweets dan melupakan tugas di kehidupannya. contoh bisa lupa mengerjakan tugas di kampus karena keseringan ngetweets

2. Membuat Malas. maksudnya dapat membuat orang tidak melakukan kegiatannya.

3. Menghabiskan waktu.

Sumber :

Buku :

1.Facebook, Tony Hendroyono, books.google.co.id/books?isbn=9792438556

2.Twitter “Ngoceh Dapet Duit”, Hanif Fakhrurroja, S.Si dan Aris Munandar, S.Si , books.google.co.id/books?isbn=6028620041
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar